Senin, 14 September 2020

Kukerta Universitas Abdurrab: Berkarya Bersama UKM di Desa Teluk Kenidai, Kabupaten Kampar



Sumber : 

https://pekanbaru.tribunnews.com/amp/2020/09/14/kukerta-universitas-abdurrab-berkarya-bersama-ukm-di-desa-teluk-kenidai-kabupaten-kampar


TRIBUNPEKANBARU.COM - Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Universitas Abdurrab – Pekanbaru yang mengusung tema “Melalui Kukerta 2020 Universitas Abdurrab Membantu Pemerintah Dalam Mengedukasi, Mencegah, dan Menanggulangi Pandemi Covid19”.

Kukerta ini dilaksanakan di Desa Teluk Kenidai, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar.

Kelompok Kukerta Univrab di bawah bimbingan Dosen Bpk. Bapak Debi Setiawan S.Kom, M.Kom, melihat bahwa ini pandemi Covid19 ini telah menimbulkan krisis bagi segenap pengusaha, terutama para pengusaha menengah dan kecil.

Pelaksanaan Kukerta ini dilakukan mulai tanggal 24 Agustus hinggal 12 September 2020.

Kegiatan Kukerta yang beranggotakan para mahasiswa Universitas Abdurrab yang terdiri dari Felix Irwan ( Fakultas Psikologi), Mella Yasnita (Fakultas Psikologi), Erika Suci Anggraini (Fakultas Teknik), Johan Alviar (Fakultas Teknik), Hafiz Al Mitsaq (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik), dan Rahmawati (Fakultas
Kedokteran dan Ilmu Kesehatan), dilakukan dengan turun lapangan secara langsung dan juga pertemuan dengan menggunakan media daring.

Pelaksanaan Kukerta ini dilakukan pada salah satu UKM di Desa Teluk Kenidai, yaitu UKM Kerupuk Jangek
Pak Ali, yang terletak di Kompleks Malay Asri 5 Blok H No. 1, Desa Teluk Kenidai, Kecamatan Tambang, Kampar.

Pada pelaksanaan Kukerta ini, dilakukan juga pencarian informasi seputar permasalahan usaha yang dihadapi oleh UKM ini.

Menurut pemilik UKM Kerupuk Jangek Pak Ali, pandemi Covid19 ini telah mengakibatkan penurunan penjualan dan juga gangguan pada sistem distribusi produk siap jual.

Permasalahan ini telah mengakibatkan terjadinya pengurangan karyawan dan juga permasalahan ekonomi, baik pengusaha UKM tersebut dan juga masyarakat sekitarnya.

Hal ini disebabkan dalam pelaksanaan usahanya, UKM tersebut melibatkan tenaga kerja lokal untuk
membantu kegiatan produksinya dan penjualan.

Di samping itu UKM Kerupuk Jangek Pak Ali ini masih melakukan kegiatan produksi secara tradisional dan juga pola distribusi masih menggunakan sistem penjualan langsung.

Dalam acara Kukerta tersebut, para peserta Kukerta dengan pengusaha UKM Kerupuk Jangek Pak Ali tersebut melakukan diskusi mengenai solusi akan permasalahan yang dihadapi dan juga membahas mengenai akan arti pentingnya kesehatan, mulai dari pemberian informasi seputar bahaya virus Covid19, bagaimana proses produksi yang higienis dan berkualitas, serta diskusi seputar pengembangan
usaha agar mampu mengembangkan UKM ini.

Dalam diskusi ini, juga dibahas akan pentingnya penggunaan teknologi, agar produk yang diproduksi tersebut mampu didistribusikan ke seluruh lapisan masyarakat dan juga di manapun berada.

Pada diskusi ini juga mendorong pengusaha UKM Kerupuk Jangek Pak Ali tidak hanya memproduksi Kerupuk Jangek mentah (1/2 olah), tetapi juga mendorong UKM ini mampu memproduksi kerupuk jangek siap saji (telah digoreng) dengan berbagai varian rasa, seperti original, asin, keju, pedas, dan juga lainnya.

Usaha untuk mendorong UKM ini mengembangkan bidang usahanya didukung juga dengan adanya pemberian informasi perihal penggunaan teknologi dan juga media sosial dalam melakukan peningkatan penjualan.

Agar produk dapat dikenal luas, maka Team Kukerta Univrab melakukan pembagian informasi perihan
penggunaan media sosial seperti facebook dan instagram, serta juga penggunaan teknologi penjualan secara online, seperti Shopee, Lazada, Tokopedia, dan juga media jualan online lainnya.

Di samping pemberian informasi seputar pengembangan usaha tersebut, Team Kukerta ini juga membantu memberikan pengajaran tentang tata cara penggunaan media sosial dan juga teknologi penjualan online tersebut.

Penggunaan teknologi ini diharapkan dapat meningkatkan penjualan dan juga diharapkan mampu memberikan dampak positif dalam pengembangan usahanya.

Untuk menunjang agar mampu berkembang dengan baik, maka Team Kukerta juga mendorong UKM tersebut melakukan perbaikan kemasan, di mana Team Kukerta Univrab bersama perwakilan UKM membuatkan desian stiker dan kemasan yang menarik.

Dengan kemasan yang menarik tersebut, diharapkan produk yang dijual, mampu menarik minat pembeli dan mampu meningkatkan penjualan, dengan peningkatan penjualan ini, diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan orang yang terlibat dalam UKM dan juga masyarakat sekitarnya.

2020 Universitas Abdurrab Membantu Pemerintah Dalam Mengedukasi, Mencegah, dan Menanggulangi Pandemi Covid19”.

Kukerta ini juga membawa manfaat bagi seluruh para mahasiswa yang terlibat dalam Kukerta ini, di mana para peserta Kukerta bisa mendapatkan informasi perihal bagaimana memulai suatu usaha dan juga pengembangan usaha.

Di samping itu, para mahasiswa juga bisa melakukan pengembangan atas teori yang pernah didapat dalam
dunia pendidikan untuk diterapkan dalam dunia nyata.

Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata Universitas Abdurrab, Pekanbaru ini ditutup dengan penyerahan bantuan oleh Debi Setiawan S.Kom, M.Kom dan seluruh peserta Kukuerta kepada UKM Kerupuk Jangek Pak Ali, dengan penyerahan bantuan berupa lemari pajangan untuk mendukung penjualan, spanduk usaha,
faceshield, masker, sarung tangan, hand sanitiser, stiker dan kemasan untuk penjualan.

Melalui program tersebut diharapkan mampu memberi kontribusi bagi perkembangan UKM Kerupuk Jangek Pak Ali dan peningkatan kesejahteraan masyarakat yang tinggal di Desa Teluk Kenidai, Kecamatan Tambang, Kampar. (rls)

0 komentar:

Posting Komentar